jump to navigation

MORATORIUM? BUKAN MASALAH ! INI SOLUSI ! Oktober 13, 2011

Posted by iapky in Pengumuman, poltekkes update, Tips Memasuki Dunia Kerja.
trackback

Akhir2 ini, istilah “moratorium” mencuat hangat diberbagai perbincangan media massa dan masyarakat. Menurut penelusuran Google Trends istilah moratorium mulai mencuat kepermukaan sejak bulan Juni 2011 hingga sekarang. Puncaknya pada sekitar bulan Agustus 2011.

Apa Itu Moratorium?

Moratorium atau penghentian sementara rekrutmen pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia. Pemerintah merencanakan moratorium penerimaan CPNS pd 1 Sept 2011 -s/d- 31 Des 2012. Kebijakan moratorium akan diberlakukan selama 1 th, kalau ternyata penataan belum beres akan diperpanjang. Penundaan penerimaan itu tdk hanya berlaku utk CPNS namun juga dialami tenaga honorer. Hal ini disampaikan Menpan dan Reformasi Birokrasi (EE. Mangindaan) di Kantor Wapres, Jakarta, Jum’at (19/8/2011).

Langkah Moratorium jangan hanya dilihat dari sisi penundaan saja, tapi juga sisi penataan kembali yg diharapkan berujung pd right sizing (jumlah yg tepat) utk pelayanan publik.

Kemenpan dan RB akan melakukan penataan terhadap instansi pemerintah yg dinilai memiliki pegawai berlebih dan tidak efisien kinerjanya. Bertambahnya jumlah pegawai disejumlah instansi tidak terlepas dari pemekaran daerah pd th 2001-2009 menjadi 7 propinsi dan 154 kab/kota. Berdasarkan data yg dimiliki, jumlah PNS pd 2003 sekitar 3,7 juta, naik cukup signifikan menjadi 4,7 juta pd 2011 dgn perincian jumlah PNS di pusat sebesar 916.493 pegawai, dan daerah 3.791.837 pegawai, atau 1,98 % dari total penduduk Indonesia.

Kebijakan moratorium ditempuh karena belanja pegawai suatu daerah lebih besar dibandingkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yg dimiliki. Atas dasar itu, Kemenpan dan RB meminta daerah2  yg beban belanja pegawainya diatas 50 % tidak melakukan rekrutmen pegawai.

Meski demikian, kebijakan tsb diharapkan tidak mengorbankan pelayanan publik. Sebab pelayanan publik merupakan ujung tombak dari reformasi birokrasi.

Moratorium telah menjadi peraturan bersama 3 menteri, yaitu Menpan dan RB, Menkeu, dan Mendagri pd tgl 24 Agustus 2011. Beberapa jenis tenaga teknis masih tidak terkena moratorium, seperti tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan teknis.

Moratarium  PNS sudah ditetapkan lewat diterbitkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 26 tahun  2011 tentang Pedoman Perhitungan Jumlah Pegawai Negeri Sipil yang tepat. Menurut aturan tersebut, moratorium belaku sejak 1 September tahun 2011 ini. Dan untuk daerah yang kekurangan PNS, solusinya akan ditranfer PNS dari kabupaten atau daerah yang berlebihan.

Bagaimana Nasib Alumni Baru Poltekkes Ykt?


PNS

Memperhatikan uraian tsb diatas, maka bagi alumni baru / fresh graduated Poltekkes Kemenkes Ykt yg telah diwisuda “massal” pd tgl 28 dan 29 Sept 2011 masih terbuka kesempatan utk memenuhi impian dirinya ( &/ keluarganya) utk menjadi PNS. Asalkan berani menerima tantangan menjadi PNS di berbagai daerah provinsi atau kab/kota yg anggaran belanja pegawainya kurang dari 50 % dari total APBD.

Siap menerima tantangan ini?  
Kalau tidak, maka jadilah bisnisman/wirausaha sektor kesehatan saja! Sektor Kesehatan Swasta juga membuka lebar kesempatan berkarya bagi alumni Poltekkes Ykt.

Ingat, Pintu rizki tidak hanya dgn menjadi PNS !! Itu paradigma lama sebelum adanya Poltekkes. Lulusan Poltekkes Ykt sekarang mestinya siap terjun ke masyarakat dgn menjadi wirausahawan kesehatan, membuat Rumah Sakit, Balai pengobatan, Klinik Sanitasi, Laboratorium Klinik, usaha Catering, dll.

(Diolah dari berbagai sumber media online oleh Alhiko)


Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: