jump to navigation

POLTEKKES YKT MENUJU BLU April 29, 2011

Posted by iapky in poltekkes update.
trackback

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah institusi pendidikan tinggi kesehatan yang mengelola program Diploma III dan Diploma IV Analis Kesehatan, Gizi, Kebidanan, Keperawatan, Kesehatan Gigi, dan Kesehatan Lingkungan.

Poltekkes Kemenkes Ykt merupakan Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan). Secara teknis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dibina oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes) dan secara Adminitrasi dibina oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan.

Dalam waktu dekat ini (ditargetkan pd th 2011 ini) Poltekkes Kemenkes Ykt akan segera berubah sistem pengelolaan keuangannya menjadi Badan Layanan Umum (BLU), sebagaimana yg telah berlaku di sejumlah Poltekkes Kemenkes lainnya, seperti Poltekkes Bandung, Semarang, Makasar, Medan, dll.

Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) adalah pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perubahan pola tata kelola ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah  Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Secara mendasar dalam perubahan tatakelola ini struktur organisasi Poltekkes Ykt nanti akan terdapat Dewan Pengawas (Dewas) dan Satuan Pengawas Internal (SPI) serta adanya audit dari eksternal (BPK atau Akuntan Publik yang ditunjuk dan dilegalisasi BPK).

Sistem pengelolaan keuangan yang selama ini mengacu pada Sistem Akuntansi Institusi (SAI), setelah BLU Poltekkes Kemenkes Yogyakarta membuat sistem pengelolaan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan secara pemerintahan dan berlaku pada Akutansi Publik.

Tujuan  penerapan Pola Pengelolaan BLU di Poltekkes Kemenkes Ykt adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan pengelolaan keuangan yang fleksibel dan berdasarkan efisisensi dan produktifitas melalui praktek bisnis yang sehat.

Akankah dengan BLU Poltekkes Kemenkes Ykt semakin maju? Atau semakin mahal biaya pendidikannya?!

Wallahu’alam… Kita lihat saja nanti.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: