jump to navigation

Ada apa dgn Asrama Mhs I Poltekkes Depkes Ykt di Gadingan ? Agustus 29, 2009

Posted by iapky in Pengumuman, poltekkes update.
Tags: ,
trackback

29-DSC05671 (1)Perhatikanlah foto berikut ini: Apakah yg telah berlaku di Asrama Mhs I Poltekkes Depkes Ykt di Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman Ykt?

Gempa bumi sperti yg terjadi di DIY dan Jateng pada tgl 27 Mei 2006 kah?!

Tenang, itu bukan akibat gempa, tapi karena sedang ada proyek pembangunan auditorium baru Poltekkes Depkes Ykt.

Memasuki awal puasa Ramadan 1430 H ini, lingkungan asrama Mhs I Poltekkes dikejutkan dan disibukkan oleh aktifitas para tukang, kontraktor & pengawas proyek serta kendaraan2 proyek. Gardu pos Satpam yg berada di sisi depan pintu masuk komplek Asrama Mhs I pun terpaksa dihancurkan utk rencana Gedung baru ini. Garasi bus pun disulap menjadi ruang kantor proyek, dan 3 buah bus Poltek yg biasa menempati garasi bus, terpaksa mengalah, diparkir ditimur gedung asrama putri dengan dikrukupi plastik terpal biru, jalan konblok menuju garasi bus juga dibongkar. Sebagian jalan masuk asrama, lapangan sepakbola dan Volly pun dipatok2 sesuai site plan proyek.

DSC05701

Dan lahan2 terbuka hijau, tempat penyerapan air di kala hujan yang ada di lingkungan kampus Poltekkes Depkes Ykt  menjadi hilang satu persatu.

Setelah 2 thn sebelumnya
lapangan tenis di komplek kampus terpadu Poltekkes Depkes Ykt Jl. Tata bumi 3 yg menjadi korban, kini giliran lapangan sepakbola di lingkungan Asrama Mhs I.

Jika dulu lapangan tenis di komplek kampus terpadu Poltekkes Depkes Ykt berubah fungsi menjadi Gedung Perpustakaan Terpadu, kini lapangan sepakbola di Asrama Mhs I akan dirubah menjadi Gedung Auditorium Terpadu yang lebih besar (“megah”, red.)

pembongkaran jalan konblok ke garasi bus

pembongkaran jalan konblok ke garasi bus

Melihat hal ini, kita perlu mempertanyakan : Bagaimanakah masterplan tata guna lahan/tata ruang di komplek kampus mapun asrama2 Poltekkes Depkes Ykt ? Adakah?! (Jangan2 tak ada…)

Karena slama ini, terkesan proyek2 fisik sperti itu diadakan dadakan, tanpa melalui kegiatan audit lingkungan (fisik mapun sosial, dll). Ini terbukti pada pelaksanan proyek Auditorium Baru ini.

Patok2 dilapangan bola
Patok2 site plan proyek di lapangan bola

Tanpa melalui kegiatan sosialisasi, tiba2 warga asrama mhs I Poltekkes (mahasiswa dan dosen yang tinggal didalamnya) dan masyarakat Gadingan yg biasa memanfaatkan lapangan tsb utk bermain sepak bola, voly, layang2, jogging, belajar motor, kegiatan lomba2 pada saat peringatan 17-an, merumput utk kambingnya, dll. dikejutkan oleh aktifitas tukang, kontraktor & pengawas proyek serta kendaraan2 proyek.

Terlebih pelaksana proyek tidak mengawali kegiatannya dgn memasang papan informasi kegiatan proyek yg biasa ditancapkan di lokasi proyek, berisi penjelasan tentang apa yg akan dikerjakan, berapa dana, dari mana sumber dana, kapan waktu pelaksanaan dan siapa pelaksana/kontraktor & pengawas proyek tsb, dll.

Setelah mendapat komplain dari warga asrama, akhirnya pihak Poltekkes sbg pemilik proyek berinisitif mengadakan pertemuan dgn warga asrama Mhs I dan masyarakat sekitar pada hari Minggu, 30-8-2009 dalam acara berbuka puasa bersama dan mensosialisasikan pembangunan Auditorium Poltekkes tsb.

Semoga tulisan ini menjadi saran dan masukan (atau kritik, red.) yang bermanfaat sebagai wujud kepedulian civitas terhadap Poltekkes Depkes tercinta.

Selamat membangun.  Mohon diingat, pesan para founding fathers Indonesia ini:

Bangunlah JIWA nya, bangunlah badannya... (Jangan hanya membangun badan/fisik saja, JIWA juga harus dibangun!, malah itu yg pertama disebut & utama, red.)

Bravo Poltekkes Depkes Ykt…!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: