jump to navigation

Awas Swine Flu / Flu Babi / Flu Meksiko / Flu A H1N1 !!! Juli 27, 2009

Posted by iapky in Info Kesehatan, Pengumuman.
trackback

generation of a pandemic influe strain

WHO telah menetapkan flu babi sebagai public health emergency international concern (PHEIC) pada tanggal 25 April 2008. Sampai dengan tanggal 27 Juli 2009, jam 19.00 WIB secara kumulatif kasus positif influenza A H1N1 di Indonesia telah berjumlah 416 kasus terdiri dari 237 laki-laki dan 179 perempuan. Hal itu disampaikan Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sp. P (K), MARS, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Depkes.

Saat ini sudah 15 provinsi ditemukan kasus positif influenza A H1N1 yaitu Bali, Banten, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sulawesai Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Jambi.

flu_babiInfluenza A H1N1 ditularkan melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita, karena itu penyebarannya sangat cepat. Namun angka kematiannya rendah yakni 0,4%. Saat ini sebagian besar penyakit adalah ringan dan sembuh dengan baik.

Untuk mencegah penularan virus yang kemungkinan terbawa para pendatang dari negara terjangkit mereka diwajibkan mengenakan masker sebelum keluar dari bandara. Masker akan disediakan oleh pemerintah dan harus dikenakan selama 3 hari, sesuai dengan masa inkubasi penyakit ini yaitu 3 – 7 hari.

Masyarakat dapat mencegah penularannya dengan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Diantaranya, mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik, bila batuk dan bersin tutup hidung dengan sapu tangan atau tisu. Jika ada gejala Influenza minum obat penurun panas, gunakan masker dan tidak ke kantor/ sekolah/tempat-tempat keramaian serta beristirahat di rumah selama 5 hari. Apabila dalam 2 hari flu tidak juga membaik segera ke dokter. Menghindari bepergian apabila sakit dan berhati-hati bila berkunjung ke luar negeri.

symtoms of swine fluUpaya kesiapsiagaan tetap dijalankan pemerintah yaitu: penguatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (thermal scanner dan Health Alert Card wajib diisi); penyiapan RS rujukan; penyiapan logistik; penguatan pelacakan kontak; penguatan surveilans ILI; penguatan laboratorium, komunikasi, edukasi dan informasi dan mengikuti International Health Regulations (IHR).

Semua petugas yang kontak dengan orang yang dicurigai terpapar Flu Baru H1N1 wajib menggunakan APD/ Alat Pelindung Diri.

Disamping itu juga dilakukan community surveilans yaitu masyarakat yang merasa sakit flu agak berat segera melapor ke Puskesmas, sedangkan yang berat segera ke rumah sakit. Selain itu, clinical surveilans yaitu surveilans severe acute respiratory infection (SARI) ditingkatkan di Puskesmas dan rumah sakit untuk mencari kasus-kasus yang berat. Sedangkan kasus-kasus yang ringan tidak perlu perawatan di rumah sakit.

Seperti diketahui, 95% pasien di dunia ini tidak masuk rumah sakit sama sekali. Flu baru H1N1 ini cukup unik karena tingkat fatality-nya yang tinggi justru pada pasien yang berusia muda (20-30 tahun), sementara flu lain pada umumnya akan makin tinggi tingkat fatality-nya pada mereka yang berusia lanjut.

Japan Swine FluSeperti apa ciri-ciri flu babi?  Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner (Balivet) drh. Darminto menjelaskan, babi yang terinfeksi virus flu babi akan mengalami demam tinggi, nafsu makan hilang, malas bergerak dan sesak nafas jika sudah parah. Sementara ciri-ciri flu babi pada manusia yakni demam tinggi, nafsu makan kurang, semua anggota tubuh terasa sakit, mual, batuk, muntah-muntah dan terkena radang tenggorokan.

Sumber rujukan:

  1. http://www.depkes.go.id/
  2. http://sdialazhar14.wordpress.com/
Seperti apa ciri-ciri flu babi? Darminto menjelaskan, babi yang terinfeksi virus flu babi akan mengalami demam tinggi, nafsu makan hilang, malas bergerak dan sesak nafas jika sudah parah. Sementara ciri-ciri flu babi pada manusia yakni demam tinggi, nafsu makan kurang, semua anggota tubuh terasa sakit, mual, batuk, muntah-muntah dan terkena radang tenggorokan. “Kita berharap Indonesia aman dari flu babi,” tegas Darminto.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: