jump to navigation

Pentingnya Jiwa Korsa Alumni Maret 21, 2009

Posted by iapky in Tips Memasuki Dunia Kerja.
Tags: , ,
trackback

(Tulisan ini sebenarnya sudah pernah kami upload pada 12/05/2008 di salah satu tab halaman weblog IAPKY ini dgn judul yang sama , namun karena ada penataan, sehingga tab “pentingnya jiwa korsa alumni” berganti menjadi tab “galeri foto“,  maka tulisan ini kami pindahkan sebagai posting dihalaman “beranda” ini. Selamat membaca & berkomentar … Terimakasih kpd Sdr. Unggul / indosaputra – yg telah mengomentari posting ini pada Juni 7, 2008)

Salam Sehat dan Sejahtera …!

Alumni Poltekkes Ykt jumlahnya saat ini sudah mencapai ribuan orang. Sejauh yg saya pernah tahu, untuk Jurs. Keperawatan saja, pd tahun 2007 lalu sudah meluluskan -/+ 1.400 orang alumni ! (Dihitung sejak pertama kali didirikan). Belum lagi dengan jumlah lulusan dari ke-5 Jurusan lainnya di lingkungan Poltekkes Depkes Yogyakarta.

Pendataan alumni Poltekkes Yogyakartamerupakan persoalan tersendiri. Selama ini data base alumni di masing-masing jurusan belum terkelola dengan baik, sehingga pihak pengelola Jurusan dan Poltekkes Yogyakarta selalu kerepotan jika diminta data oleh Dinas/Pusdiknakes/Badan PPSDM Kes tentang serapan alumni di pasar kerja (negeri/swasta).

Para alumni sebenarnya merupakan aset yg cukup besar dan potensial bagi institusi Poltekkes Yogyakarta, namun selama ini keberadaannya belum tertangani dengan baik sebagaimana di Perguruan Tinggi negeri / swasta lainnya. Jika di PTN/PTS lain, para alumninya bahkan bisa memberi warna yg khas disuatu institusi/instansi/Badan usaha, bahkan Departemen pemerintah. Sehingga jika seorang alumni menduduki jabatan tertentu disuatu institusi/instansi/Badan usaha, bahkan Departemen pemerintahan, maka lapis ke-2, ke-3 (eselon dibawahnya) di tempat itupun akan diisi oleh lulusan dari PTN/PTS yg sama dgn sang alumni tadi. Sehingga terbentuk semacam “klan”.

Di Bank “A” klannya PTN “X”, di Bank “B” klannya PTN “Y”,

Di Departemen “A” klannya PTN “X”, di Departemen “B” klannya PTN “Y”,

Di BUMN “A” klannya PTN “X”, di BUMN “B” klannya PTN “Y”, dst.

Secara langsung / tidak langsung, hal tersebut akan mengangkat pamor dari PTN/PTS asal alumni tersebut, selama kinerja mereka di tempat2 tersebut sangat prima dan membanggakan.

Sudahkan hal yg sama berlaku terhadap para alumni Poltekkes Depkes Yogyakarta?

Di Propinsi “A” klannya Poltekkes “X”, di Propinsi “B” klannya Poltekkes “Y”,

Di Dinkes “A” klannya Poltekkes “X”, di Dinkes “B” klannya Poltekkes “Y”,

Di Perusahaan Farmasi “A” klannya Poltekkes “X”, di Perusahaan Farmasi “B” klannya Poltekkes “Y”, dst.

Sepertinya belum… dan jalan kesana masih panjang. Oleh karena itu, setiap alumni Poltekkes Yogyakarta seharusnya mempunyai visi kearah sana. Wujudnya adalah Jiwa Korsa Alumni Poltekkes Yogyakarta :

  1. Kita harus bangga menjadi alumni Poltekkes Yogyakarta,
  2. Apresiasi terhadap potensi para lulusan dibawahnya (junior, red),
  3. Bekerjasama secara erat dan saling membantu sesama alumni Poltekkes Yogyakarta dalam pelaksanaan tugas2,
  4. dll, dsb, dst.

Selamat berkarya. Semoga kesuksesan akan menyertai setiap usaha optimal kita… Amien..!

Komentar»

1. iapky - Maret 21, 2009

(Ini adalah salinan ulang komentar dari Sdr. Unggul / indosaputra – yg telah mengomentari posting ini pada Juni 7, 2008)

SETUJU dan TETAP JAGA PROFESSIONALISME dan CAPABILITAS kita, sehingga walaupun semua satu PTS/PTN alasannya emang karena tidak ada yang mampu masuk selain adek kelasnya, hehehe


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: