jump to navigation

Akreditasi Poltekkes Desember 24, 2008

Posted by iapky in Pengumuman, poltekkes update.
trackback

dsc01720

Hari2 di akhir Desember 2008  ini seluruh jajaran Direktorat dan Jurusan di Poltekkes Depkes Ykt sedang disibukkan untuk mempersiapkan bahan2 guna pelaksanaan akreditasi institusi.

Apa Latar belakang perlunya akreditasi ?
Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri. Keberhasilan pembangunan kesehatan dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama tenaga kesehatan yang bermutu yang berperan sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan penggerak pembangunan.

Untuk mendukung terlaksananya berbagai upaya mewujudkan tujuan tersebut perlu dikembangkan berbagai sumber daya, antara lain tersedianya tenaga kesehatan yang berkualitas, karena tenaga kesehatan sebagai salah satu komponen pelaksana pembangunan. Implikasi perubahan orientasi pelayanan kesehatan adalah perubahan pendekatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan penyesuaian karakteristik maupun mutu tenaga kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan tersebut.

Pengertian Akreditasi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke.3. tahun 2003, akreditasi adalah :

  1. Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.
  2. Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.

Akreditasi institusi Diknakes, dalam petunjuk pelaksanaannya disebutkan, adalah upaya pemerintah bersama masyarakat yang dilakukan secara sistematis, berkesinambungan, terencana dan terarah guna menetapkan strata yang menggambarkan mutu penyelenggaraan institusi pendidikan, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu dasar upaya pembinaan dan pengawasan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan institusi Diknakes.

akreditasi

akreditasi

Komponen  penilaian Akreditasi  meliputi:

  1. Komponen Direktorat Poltekkes
  2. Komponen SDM
  3. Komponen Manajemen Pembelajaran
  4. Komponen Sarana-Prasarana
  5. Komponen Administrasi
  6. Komponen Kemahasiswaan
  7. Komponen Situasi Umum
  8. Komponen Pengembangan Institusi

Dimanakah peran organisasi alumni (IAPKY) dlm akreditasi ?
Ternyata keberadaan dan aktivitas organisasi alumni juga menjadi point penilaian penting dlm menentukan nilai akreditasi institusi Poltekkes.

Meskipun sampai saat ini keberadaan organiasasi alumni masih kurang mendapat tempat/perhatian yg layak dari para pengelola institusi. Seperti:

  • Tidak difasilitasi dgn ruang Kesekretariatan dan kelengkapan penunjangnya-meskipun dulu pernah menjadi “janji politik” dari pejabat terkait pd saat pemilihan.
  • Kurang dilibatkannya IAPKY pd kegiatan dan event2 civitas akademika seperti Dies Natalis,  Wisuda, PPS, dll.

Semoga dgn adanya akreditasi ini, semua unsur pengelola pendidikan di Direktorat dan Jurusan Poltekkes Ykt dpt lebih sadar tentang perlunya keberadaan dan aktifitas organisasi alumni (IAPKY).

STRATIFIKASI INSTITUSI DIKNAKES

Strata institusi diknakes ditetapkan berdasarkan nilai akhir hasil akreditasi dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      Strata A, nilai = > 86,99
2.      Strata B, nilai = 72,00 s/d 86,99
3.      Strata C, nilai = 57,00 s/d 71.99
4.      Non Akreditasi, nilai = < 57,00

Berdasarkan hasil akreditasi institusi sblmnya, dari ke 6 Jurusan yg ada di Poltekkes Depkes Ykt, masih ada 2 jurusan yg berstrata B (meskipun dgn nilai B “gemuk”), yaitu Jurusan Analis Kes, dan Jurusan Kebidanan. Sedangkan ke-4 Jurusan lainnya sdh berstrata A, yaitu : Jurusan Kes. Lingkungan, Gizi, Keperawatan, dan Jurusan Kes. Gigi.

KURUN WAKTU AKREDITASI

Institusi Diknakes yang dapat diakreditasi apabila institusi tersebut telah menyelenggarakan pendidikan selama 4 (empat) tahun atau telah meluluskan. Strata institusi diknakes berlaku selama 5 (lima) tahun sejak diterbitkannya surat keputusan penetapan strata akreditasi.

MANFAAT HASIL AKREDITASI

Bagi Masyarakat:

  • Memberikan perlindungan tentang mutu lulusan dalam pelayanan kesehatan
  • Memberikan informasi tentang mutu institusi diknakes yang dipilih.

Smoga pada penilaian akreditasi kali ini Poltekkes Ykt dapat meraih nilai tertinggi, sehingga dari ke-6 Jurusan yg ada, semuanya telah dpt meraih strata A …  Amin !

Bravo Poltekkes Jogja Never Ending Health !

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: