jump to navigation

Alumni Pingin Cari Sertifikat Test TOEFL ? Di Unit Lab. Bahasa Poltekkes Depkes Ykt aja… November 5, 2008

Posted by iapky in Pengumuman.
Tags: , , ,
trackback

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang yang bukan sebagai penutur asli bahasa Inggris (non native English speaker). Tes ini meliputi tes Speaking, Listening, Reading dan Writing yang disusun dalam format baku oleh ETS® (Educational Testing Service).  Test TOEFL ada yang berupa tes berbasis computer (CBT/Computer Based Test) dan juga ada yang menggunakan lembar ujian (tidak menggunakan komputer).

ruang-tes-toefl2

TOEFL sering digunakan sebagai syarat untuk mengikuti program studi lanjutan, mendapatkan program beasiswa ataupun untuk memperoleh gelar bersertifikasi. Bahkan sekarang juga menjadi persyaratan dalam mencari pekerjaan.

Sehubungan dengan adanya permohonan dari para alumni Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta khususnya para Alumni Jurusan Analis Kesehatan lulusan tahun 2008, serta dalam rangka memfasilitasi kebutuhan para alumni untuk memperoleh sertifikat test TOEFL guna melengkapi persyaratan dalam proses melamar pekerjaan, pengurus pusat Ikatan Alumni Politeknik Kesehatan Yogyakarta (IAPKY) mengirim surat Nomor : 040/PP-IAPKY/X/2008 Tgl 20 Oktober 2008, kepada Direktur Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta c/q Kepala Unit Laboratorium Bahasa untuk dapat menyelenggarakan test TOEFL bagi para alumni tsb.

Awalnya direncanakan yang akan ikut test sebanyak 24 orang alumni Analis Kesehatan, namun pada akhirnya yg hadir mengikuti test TOEFL hanya 16 peserta. Test TOEFL telah dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2008 di Laboratorium Bahasa Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta dengan beaya Rp. 30.000,- per alumni/peserta. Test menggunakan lembar ujian/tidak berbasis computer. Dengan struktur tes TOEFL terdiri dari tiga bagian yang terbagi menurut waktu. Format pertanyaan pada tiap bagian adalah pilihan ganda, dengan empat jawaban untuk setiap pertanyaannya:
1. Bagian I: Listening Comprehension
2. Bagian II: Structure and Written Expression
3. Bagian III: Reading comprehension

Pelaksanaan Tes TOEFL ini memakan waktu kurang lebih 2-3 jam.

Adapun hasilnya, ternyata dari 16 orang alumni tsb, skor TOEFL nya masih cukup rendah, yaitu berada pada range : 353 – 460, dengan nilai rata2 skornya : 393,875.

Semoga dengan adanya kesempatan mengikuti test TOEFL secara kolektif dengan biaya yang sangat terjangkau bagi para alumni Poltekkes Ykt ini dapat memotivasi para alumni Poltekkes Ykt untuk dapat meningkatkan skor nilainya, sehingga dapat memenuhi standar pasar kerja yang smakin terbuka/ global yang mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris/TOEFL yang tinggi pula (setidaknya 450 – 500).

Ayo, siapa lagi alumni Poltekkes Ykt yang belum memiliki sertifikat test TOEFL dan ingin mengikuti test TOEFL ? Ayo manfaatkan kesempatan yang ada. Silahkan mengkoordinir diri dan teman2 angkatannya secara kolektif, lalu menghubungi Pengurus Pusat IAPKY untuk dibantu dalam penyelenggaraannya di Unit Lab. Bahasa Poltekkes Depkes Ykt.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: