jump to navigation

SELAMAT LEBARAN / HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H September 27, 2008

Posted by iapky in Uncategorized.
trackback

Lebaran sudah menjadi tradisi dan budaya di negeri ini. Tak tahu pasti, sejak kapan tradisi dan budaya itu berlangsung. Yang jelas, lebaran sudah menjadi bagian dari dinamika kehidupan masyarakat, lengkap dengan segala romantisme dan asesorisnya, khususnya di kalangan umat Islam. Ada sebagian masyarakat berkeyakinan bahwa istilah tersebut berasal dari bahasa Jawa; dari kata dasar “lebar” yang artinya selesai. Kata lebar, kemudian mendapatkan akhiran -an untuk menandai adanya sebuah aktivitas budaya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah lebaran dijelaskan seperti berikut ini:

LEBARAN = n hari raya umat Islam yg jatuh pd tgl 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan; Idulfitri.

Kalau pengertian ini dikaitkan dengan lebaran yang berasal dari bahasa Jawa bisa dimaknai sebagai momentum selesainya umat Islam menjalankan ibadah puasa yang dirayakan dengan menggelar acara halal-bihalal; saling bermaafan; sebagai media untuk mempererat silaturahmi.

Nah, berkaitan dengan momentum lebaran tahun 2008 ini, perkenankan kami dari pengurus IAPKY mengucapkan: SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429 H, MINAL AIDIN WAL FAIZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

Semoga ALLAH SWT menerima amal sholih kita smua (puasa, sholat tarawih dan witir, tadarus, zakat, infak, sadaqah, i’tikaf, dll) dan memasukkan kita ke dalam golongan orang yang bertaqwa (Muttaqin).

Selamat mudik / menyambung silaturrahim.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: