jump to navigation

Ujian Tulis Sipenmaru Poltekkes Yogyakarta TA. 2008/2009 Juli 9, 2008

Posted by iapky in Uncategorized.
trackback

Hari Rabu, 9 Juli ’08, telah diadakan uji tulis (Utul) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta, dan 31 Poltekkes Depkes di daerah2 lainnya.

Calon Mahasiswa baru Poltekkes Yogyakarta yang mengambil formulir pendaftaran Sipenmaru TA. 2008/2009 lebih dari 2000an, namun yang mengikuti utul hanya 1967 calon mhs baru. Calon mahasiswa baru yang akan diterima melalui utul ini adalah sebanyak 748 orang. Dengan rincian:

  1. Jurusan Analis Kesehatan = 140 orang
  2. Jurusan Gizi = 120 orang
  3. Jurusan Kebidanan = 140 orang
  4. Jurusan Keperawatan = 160 orang
  5. Jurusan Kesehatan Gigi = 138 orang
  6. Jurusan Kesehatan Lingkungan = 50 orang

Utul TA. 2008/2009 ini terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya dalam hal :

  1. Tempat ujian : jika tahun sebelumnya mengunakan ruang2 kelas di lingkungan jurusan-jurusan Poltekkes Ykt,  SMM Bugisan, dan di kampus STM/SMK 2-3 Jetis, tahun ini hanya di 2 lokasi, yaitu: kampus Terpadu Poltekkes Ykt Jln. Tata Bumi No.3, dan di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) yang bertetanggaan dengan Poltekkes Ykt. Meskipun STPN lokasinya dekat dengan Poltekkes, namun masih terdapat 69 calon mahasiswa baru yg tidak datang / mengikuti ujian tulis di lokasi STPN. Apa karena bingung mencari lokasi ya? Karena jangankan di STPN, di Poltekkes sendiri petunjuk2 arah ruangan tempat ujian tulis sangat minim tersedia. Kalau si calon mhs sendiri tidak aktif bertanya, pastilah ia tak akan dapat menemukan dengan mudah lokasi ujiannya.
  2. Koreksi utul tidak lagi dilakukan secara manual/ dikoreksi beramai2 oleh dosen2 Poltekkes di aula Dinkes Prop. DIY, namun diserahkan ke pihak ke-3 (UNY) untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan dan akuntabilitas. Koreksi utul dilakukan secara komputerize. Jika pada TA sebelumnya pengumuman hasil utul baru bisa dilihat/diketahui 1-2 minggu setelah utul, maka pada TA 08/09 ini hasilnya sudah dapat dilihat langsung pada keesokan harinya, yaitu hari Kamis 10 Juli 08. Ini baru namanya terobosan ! Hari gene koq msh manual? Nggak lah… Dengan sistem baru ini diharapkan seleksi dapat lebih bersih/bebas dari “titipan” calon mahasiswa baru baik dari intern maupun ekstern Poltekkes Ykt.

Setelah dinyatakan lulus utul, calon mhs baru akan mendaftar untuk mengikuti uji kesehatan (ukes) mulai hari Jum’at, 11 Juli s/d Selasa 15 Juli 08 (sesuai jurusan tempat diterimanya). Ukes sendiri akan dilaksanakan mulai hari Rabu 16 Juli 08 di Klinik Terpadu Poltekkes Yogyakarta.

Selamat bagi yang diterima sebagai mahasiswa baru TA. 2008/2009. Selamat bergabung menjadi civitas akademika Poltekkes Ykt…

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: