jump to navigation

Wajah baru website Poltekkes Jogja, lebih baik / sebaliknya? April 17, 2008

Posted by iapky in Uncategorized.
trackback

Syukurlah, setelah beberapa minggu menghilang, akhirnya web site Poltekkes Depkes Jogja muncul kembali. (Lihat tulisan sebelumnya “Nasib Web site Poltekkes Ykt” tgl Maret 22, 2008).

Kali ini website itu tidak lagi menggunakan alamat lama : http://poltekkesjogja.ac.id  namun telah berubah menjadi http://poltekkesjogja.mitrapendidikan.com/ meskipun jika kita menggunakan alamat yg lama juga dapat terkoneksi ke alamat yg baru tsb.

Adakah perubahan signifikan dari web site tsb ?

Lebih cerah… Ya, krn warnanya.

Lebih komplit…Tidak juga, krn icon2 artikel yg ada jika diklik isinya masih belum lengkap. Contoh : artikel ttg  Pelatihan Keshtn dan Keslmtn Kerja di RS, Susu Formula Bayi yg Beredar Saat ini Aman Dikonsumsi, Website Baru Poltekkes Jogja, Wisuda, dll ==> tidak menjawab / memberi informasi yang dibutuhkan pembaca menyangkut 5W+1H.

Naifnya lagi, pengunjung yg ingin tahu dimana sih alamat Kantor Direktorat Poltekkes Ykt & jurusan2nya? Apa saja jurusan yang ada diPoltekkes Ykt? Siapa Direktur, Pudir I-II-III, Kajur2 ? ==> Tak akan menemukan jawabannya !!!

Dari sini, dapat ditarik kesimpulan sementara bahwa : Web site Poltekkes jogja ini belum dikelola oleh sebuah tim yg handal, serius, dan bersemangat untuk selalu mengupdate informasi dan layanan web lainnya guna mempromosikan Poltekkes Jogja didunia maya.

Padahal semestinya Kalau kita mau serius dalam optimalisasi website kita, kita harus membuat perencanaan yang matang menyangkut siapa dan kapan mengupdate website poltekkes jogja.

Pertama-tama kita melihat sumber daya yang ada di dalam kantor atau organisasi Poltekkes Jogjakarta.
Adakah berita yang bagus untuk ditayangkan?
Adakah idealisme atau pengetahuan yang akan dibagikan kepada masyarakat umum?
Adakah lowongan kerja yang akan dipublikasikan?
Adakah client-client yang dimasukkan dalam website?
Adakah testimony-testimony yang akan dimasukkan?
Adakah produk-produk yang akan dimasukan?
Adakah berita promosi yang akan dimasukan?

Setelah kita mengidentifikasi hal-hal baru yang akan mungkin sering ditambahkan, kita perlu membuat team siapa saja yang akan mengupdate website tersebut. Kemudian kita menentukan menu-menu apa yang akan dimasukkan ke dalam website tersebut. Jangan lupa juga buatlah kesepakatan jadwal update di antara team-team tersebut.

Jadi, untuk keberlanjutan web site Poltekkes jogja tsb, tak mungkin dapat dipercayakan pada 1 orang saja, apalagi pada seseorang tanpa basis kompetensi ICT (Information and Communication Technology) dan hoby (menulis, fotografi, ngenet), serta kompensasi (Honor,red) yg sepadan.

Mestilah team yg dibuat nanti (kalo pun artikel ini diperhatikan oleh pengelola Poltekkes, red.) memasukkan unsur personel dari Direktorat dan 6 jurusan, serta dari unsur BEM dan BLM. Kalau tidak, maka bersiaplah kita untuk  menanti collaps part 2, part 3, dst  dari situs http://poltekkesjogja.mitrapendidikan.com atau apapun namanya…

alhiko

Komentar»

1. indosaputra - Juni 7, 2008

BETUL OM ALHIKO hikhikhik

saya juga cari info ga ada isinya, jadi ga enak kl gini.
Segera bikin Tim nya, mungkin dimulai dari Mahasiswa aja malah bisa jalan tanpa ada DPA nya dulu hahahaha, saya bisa bantu secara teknis, misal bandwidt overload lagi hehehehe.

Saat bikin info dari pembuatnya sangat miskin info, hanya lebih mengorganir dari web lama, tapi tentu saja ga termasuk isi datanya (dalam kesepakatan org datanya juga ga dikasih hehehe).

Secara teknis, struktur dan isi dari web bisa dibuat tanpa batasan, tinggal pintar2 adminnya aja gt. Kalo dinilai dari beaya develop Frameworknya masih terbilang murah dengan dana yg diterima pembuatnya😦

Salam, dan Sukses Poltekkes!

2. indosaputra - Juni 7, 2008

oya untuk alamat mitrapendidikan itu hanya saat domai belum dipindah ns (name server) nya, sehingga agar dapat diakses perlu alamat sementara. Yang pasti alamat tetap poltekkesjogja.ac.id betul kan ejaannya ??


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: