jump to navigation

Mencari pekerjaan melalui internet (Part II) Maret 1, 2008

Posted by iapky in Uncategorized.
trackback

Artikel ini melanjutkan dari posting terdahulu dengan judul yang sama. Selamat Membaca… Semoga Bermanfaat.

 

 

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, ternyata banyak juga orang yang pernah membuka situs lowongan pekerjaan di internet, bahkan suatu artikel di harian bisnis di Indonesia menyatakan bahwa situs lowongan pekerjaan adalah situs yang paling sering dikunjungi oleh peminat itnernet di Indonesia. Tetapi banyak yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah memperoleh response atau panggilan untuk wawancara setelah mereka mengirimkan lamaran. Hal tersebut sebenarnya ada beberapa kemungkinan, mungkin mereka mengirimkan lamaran ke lowongan pekerjaan yang sudah kadaluwarsa, sehingga lowongan tersebut sudah terisi, atau mungkin juga kualifikasi pelamar tidak memenuhi persyaratan perusahaan.

Mencari pekerjaan sebenarnya juga ada trik atau seninya, bayangkan saja pekerjaan yang ada dibandingkan dengan pelamar perbandingannya sangat jauh . Jika suatu perusahaan mencari 10 orang pekerja, kemungkinan besar yang melamar adalah 10 kali lipatnya. Dan berbicara terus terang, dari 100 pelamar tersebut setelah diseleksi berdasarkan surat lamaran yang masuk (belum seleksi test atau wawancara) mungkin hanya 20 % saja yang memenuhi persyaratan untuk diwawancarai. Setelah wawancara, mungkin hanya 5 % saja yang dianggap memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

Biasanya pihak perusahaan akan mempelajari terlebih dahulu lamaran yang masuk beserta resume yang dikirimkan . Jadi surat lamaran dan resume sebenarnya sangat penting , jika pelamar dapat membuat suatu surat lamaran dan resume yang baik, dapat memberikan nilai tambah, yang tentu saja kemampuan dari pelamar itu sendiri juga harus mampu menjual.

Kegiatan melamar pekerjaan sebenarnya harus dianggap sebagai suatu proyek atau pekerjaan yang cukup serius, pelamar harus mampu bersaing dengan sekian banyak orang yang juga menginginkan pekerjaan tersebut. Jadi sebelum melamar pekerjaan perlu juga mempelajari bagaimana cara membuat resume yang baik dan meyakinkan.


Coba buka situs http://www.10minutes.com .Di situs ini anda dapat mencoba untuk mebuat resume yang cukup meyakinkan. caranya mudah , klik menu untuk membuat resume (create ), dan ikuti petunjuk pengisiannya.

Untuk melihat bagaimana bentuk resume yang dibuat oleh situs tersebut berdasarkan data yang anda masukkan , klik kirimkan ke e-mail dan masukkan alamat e-mail anda, dalam waktu beberapa saat anda

akan menerima resume tersebut.

Karena situs tersebut adalah situs berbahasa Inggris tentu saja anda harus mengisi data-datanya dalam bahasa Inggris dan menerima resume yang dibuat dalam bahasa inggris juga. Jika anda menginginkan resume terebut ditulis dalam bahasa Indonesia, ya..tidak ada jalan lain selain melakukan terjemahan sendiri . Coba pelajari bagaimana resume anda dibuat berdasarkan data-data yang anda masukkan sebelumnya, hasilnya memang cukup representatif kok.

Ada satu lagi situs yang cukup ‘berharga’ untuk diintip bagi pencari kerja adalah http://www.free-resume-tips.com. Di situs ini anda dapat memperoleh tips mengenai apa yang sebaiknya anda tulis di

resume anda, dan apa yang sebaiknya tidak , serta tips-tips lainnya yang cukup bermanfaat.

Di samping mencari pekerjaan melalui situs Internet, cara lain untuk mencari informasi pekerjaan adalah melalui monitoring mailing list seperti lowongan@yahoogroups.com, bursa-lowongan@yahoogroups.com, lowongan-net@yahoogroups.com, lowongan-kerja@yahoogroups.com, bursa@lowongan.net.

Semoga sukses menyertai anda.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: